Cara mengatur volume audio di pc/laptop

File film yang disertakan dalam video klip mengandung dua track. Track gambar dan track suara. Bukan tak mungkin suara yang berasal dari film tadi muncul pada saat yang sama dengan
suara yang berasal dari file musik, misal, sehingga kedua suara itu saling tumpang tindih. Ini membuat video klip tidak enak untuk dinikmati.


Kita harus menentukan mana yang menjadi suara utama : apakah suara berasal dari file film? Ataukah suara yang berasal dari file musik? Dengan mengatur volume suara yang akan menjadi suara utama video klip tentu harus lebih besar ketimbang suara background. Maka harus mengatur volume audio yang ada di video klip. Berikut cara mengatur volume audio video klip :
  1. Klik menu Tools dan pilih perintah Audio Levels.
  2. Akan muncul jendela Audio Levels.
  3. Kalau diinginkan volume suara dari file audio terdengar lebih jelas, coba geser slider ke sebelah kanan (Audio/Music).
  4. Sedangkan kalau diinginkan volume suara dari file film yang akan diperbesar, geserlah slider ke sebelah kiri (Audio from video).
  5. Untuk menggeser slider, Klik slider itu dan jangan dilepas, kemudian geser slider itu ke sebelah kiri atau kanan.
  6. Coba sekarang diputar klipnya. Caranya masih sama, yaitu klik tombol Play Timeline pada timeline/storyboard. Bagaimana? Masih belum pas? Coba atur kembali audio levels-nya.
  7. Kalau dirasa sudah cukup, klik tombol Close (X) untuk menutup jendela Audio Levels
Juga bisa mengatur volume suara yang berada di track Audio/Music saja. Caranya :
  1. Pilih file audio itu di track Audio/Music dengan cara meng-klik-nya.
  2. Tekan tombol kanan mouse dan klik Volume pada opsi yang muncul.
  3. Akan muncul jendela Audio Clip Volume. Untuk mengecilkan volumenya, geserlah slider-nya ke sebelah kiri.
  4. Akan muncul jendela Audio Clip Volume. Untuk mengecilkan vlumenya, geserlah slidernya ke sebelah kiri. Sedangkan untuk memperbesar volumenya, geserlah slider ke sebelah kanan.
  5. Lalu klik tombol OK
  6. Sekarang dengarkan suaranya. Caranya putarlah klipnya dengan mengklik tombol Play Timeline pada timeline. Kalau volumenya masih belum pas, coba ulangi cara seperti tadi.

Coba dengar lebih cermat suara video klip yang sudah dibuat. Apakah suaranya terdengar mendadak langsung besar? Apakah di akhir video klip, suaranya terdengar langsung mengecil sehingga seperti suara TV yang mati mendadak karena listrik mati? Kalau semua itu terjadi, perlu mengolah suaranya lagi supaya terdengar mulus.

Perlu mengatur agar pada awal video klip suara terdengar mulai dari suara yang lirih kemudian membesar pelan-pelan (fade ini). Begitu diakhir video klip, suara pelan-pelan mengecil dan kemudian menghilang (fade out). Rekan2 beruntung sekali Windows Movie Maker menyediakan cara untuk membuat suara fade in dan fade out.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Pilih klip audio yang ada di dalam track Audio atau Audio/Music pada timeline.
  2. Tekan tombol kanan mouse. Ini akan memunculkan beberapa opsi. Kalau ingin supaya suara pelan-pelan bertambah keras, pilih opsi Fade In. Dan kalau ingin supaya suaranya pelan-pelan semakin mengecil sampai tak terdengar sama sekali, pilih opsi Fade Out.
  3. Putarlah klip-nya dan coba dengarkan perbedaannya.
Jika ingin menghilangkan efek fade in atau fade out, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Pilih klip audio yang sudah diberi efek pada timeline/storyboard.
  2. Tekan tombol kanan mouse. Perhatikan efek apa yang sudah diberi tanda pilihan. Gambar berikut ini adalah contoh yang menunjukkan bahwa efek suara yang dipakai adalah fade in. Untuk menghilangkannya klik tanda pilih itu sehingga tak muncul.
  3. Jangan lupa untuk menyimpan perkejaan ini terlebih dahulu sebelum mengakhirinya.

2 Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

  1. saya gak pernah mengatur volume audio pc karena gak tau caranya, hehehe :D

    makasih sharingnya mas maseus :)

    BalasHapus
  2. Wah bisa ajha ni bu indri--kalau pcnya bu indri pastinya pakai remote universal ya . .?

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama