Solusi AC MOBIL



 AC Mobil dan Solusinya



Cara Kerja Ac Mobil Langkah pertama untuk memahami cara kerja ac mobil atau ac rumah adalah anda harus memahami masalah hubungan pressure and temperature dalam bahasa paman Jak hubungan suhu dan tekanan, karena pada dasarnya cara kerja ac adalah simulasi hubungan antara suhu dan tekanan bahan pendingin didalam pipa /selang yang dihubungkan secara seri.antara satu alat dengan alat yang lainnya. contoh yang paling mantap adalah hubungan suhu udara dengan tekanan atmospher.


sekarang sudah terbayang jika kita ada di puncak mount everest diatas ketinggian 8,8 km diatas permukaan laut. suhu dapat mencapai minus 40 derajat celcius tekanan udara rendah. alias kurang oksigen dibandingkan dengan kota tangerang suhu dapat mencapai 35 derajat celcius tapi anda dapat bernapas lega udara dapat dihirup secara gratis.

contoh hubungan antara suhu dan tekanan yang juga mantap seperti dibawah ini

akhirnya oleh para ahli fisika, kimia dan ahli mekanik diciptakan sebuah alat mesin pendingin dan bahan pendingin /Refrigerant seperti R-12, R-22 R-134a dll yang memanfaatkan perubahan suhu dan tekanan bahan pendingin tersebut untuk kepentingan umat manusia. zat-zat bahan pendingin tersebut harus aman, tidak berbau, tidak meledak, tidak beracun.


   -  R134 & R12 yang biasa dipakai di mobil


Cara kerja ac mobil dapat saya uraikan sebagai berikut :

Ketika anda menekan tombol ac di dasbor mobil anda dalam keadaan mesin mobil hidup, maka arus listrik positip langsung meluncur ke kopling kompresor / magnetic clutch karena ada arus listrik maka kopling kompresor berubah menjadi magnet dan menekan kompresor dan ahirnya kompresor bergerak, katup hisap mengisap pada jalur pipa.

hasil hisapan piston kompresor bahan pendingin kemudian ditekan, bahan pendingin merubah suhunya menjadi panas akibat tekanan piston, kemudian bahan pendingin/freon masuk ke condensor untuk didinginkan agar merubah wujud dari vapor/gas menjadi cairan selanjutnya gas sudah merubah wujud menjadi cairan masuk ke dryer/saringan agar jangan sampai ada kotoran/gram, karena gas cairan bahan pendingin akan masuk ke area yang sangat kecil/sempit yaitu keran ekspansi.

selanjutnya cairan bahan pendingin masuk keran ekspansi untuk masuk ke area evaporator karena lubungnya teramat kecil, sementara kompresor terus mengisap area evaporator / area warna biru tekanannya menjadi rendah ketika sebagian kecil bahan pendingin dapat menerobos lubang keran ekspansi maka tekan area biru bahan pendingin berkisar 25 s/d 35 PSi inilah yang didesain oleh para ahli pembuat ac. kita lihat tabel tekanan R134a 25-35 psi adalah 29 s/d 40 derajat F dingin, sedangkan tekanan area merah 135 s/d 155 psi suhunya 105 s/d 115 F hangat.

akibatnya evaporator menjadi dingin akibat dari bahan pendingin menguap pada tekanan 25-35 psi.

selanjutnya blower meniupkan angin melewati evaporator yang sudah dingin, akibatnya udara yang keluar didasbor menjadi dingin sesuai dengan yang diharapkan.

Tip membeli kompresor bekas ex singapura : tekan katup buang/tekan oleh ibu jari tangan kiri anda, sementara tangan kanan anda memutar magnetic clutch 3-5 kali putaran, kemudian rasakan apakah ada tekanan angin pada ibu jari tangan anda jika ada pertanda kompresor masih bagus. jika tesnya melalui katup hisap, 3-5 kali putaran tangan anda merasa tersedot pertanda kompresor masih sangt bagus.



Condenser

condensor berfungsi untuk merubah freon dalam wujud gas dirubah menjadi bentuk cairan, condensor umumnya terbuat dari pipa bahan almunium atau tembaga jika ditarik lurus pipa kondensor panjangnya dapat mencapai 12-14 meter.

drier berfungsi untuk menyaring kotoran agar bahan pendingin bersih dari kotoran-kotoran gram pertikel besi ataupun yang lainnya dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah menjadi cairan dan juga berfungsi untuk melihat apakah freon sudah full ketika freon diisikan kedalam sistem , ciri tes drier masih bagus atau buruk/jelek adalah cukup ditiup oleh tekanan mulut kita, jika tiupan terasa enteng maka drier masih cukup bagus untuk digunakan kembali.

expansion valve - keran ekspansi berfungsi untuk mengatur seberapa banyak freon yang masuk kedalam evaporator dan secara otomatis.


Evaporator berfungsi sebagai tempat menguapnya cairan bahan pendingin sesuai dengan yang didesain tekanan freon antara 25 - 35 psi lihat tabel suhunya 29-40 derajat fahrenheit



Blower dan evaporator dalam satu unit

Blower berfungsi untuk meniupkan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator ke ruang kabin kendaraan Thermostat

Fungsi thermostat adalah pengatur suhu seberapa besar suhu yang diinginkan, umum ada dua konektor satu terhubung ke magnetic clutch kompresor yang satu lagi terhubung ke tombol dasbor ke jalur listrik positip atau ke relay sesuai dengan desain mobil. cara kerjanya jika suhu di evaporator yang diinginkan sudah tercapai maka themostat akan memutuskan arus listrik, maka compressor berhenti istirahat. erputar. maka proses pendinginan terhenti. ketika suhu evaporator dinginnya mulai berkurang, maka arus listrik terhubung kembali. dan kompresor berputar kembali.

Termometer untuk mengukur suhu udara angin blower

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama