Cara Kerja Search Engine google menentukan hasil perayapan

Sebetulnya saya sendiri penasaran bagaimana sebuah mesin pencari atau yang dikenal dengan sebutan search engine menentukan hasil pencariannya dari sekian juta data situs di dunia.  Karena penasaran saya mencari informasinya sampai pada menemukan proses  bagaimana cara kerja search engine tersebut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWJx8sAfPg3n_AFMh3tnHocXURu0TNl9gdASTEYm5qxorVrhJQh2Mgb1VRdmtb9e9LWqC6JqSBgumCuTP_IikDTWJFQZLs5yQYP1BFWM4nH7mwgqTnP1-bXnDqix-0zk40pUoA4PU3yJ_p/s1600/spider.jpg
Cara Kerja Search Engine

Mengapa kita perlu dan harus membahas tentang Memahami Cara Kerja Google Search Engine? ya tentunya ini merupakan sebuah langkah pertama untuk usaha Search Engine Optimazation (SEO). Jika kita bisa memahami tentang bagaimana Google bekerja maka kita bisa membuat website/blog kita gampang untuk bisa terindeks oleh Google. Fungsi lain memahami proses kerja Google adalah untuk membantu blogwebmaster dalam menentukan keyword yang akan digunakan dalam blog mereka, sehingga akan membantu statistik pengunjung untuk blog kita. Google dapat kita umpamakan sebagai sebuah buku yang sangat besar yang mempunyai indeks yang banyak dan lengkap, mudah digunakan, dan mudah untuk dicari. Ketika kita mencari informasi pada Google, maka program-program dari Google akan melakukan cek terhadap semua indeks yang dimiliki yang kemudian Google akan mencari sesuai dengan kata kunci yang kita cari. Setelah ditemukan, maka Google akan menyusun dan menampilkannya sesuai dengan hasil pencarian yang paling relevan. Maka berikut ada 3 Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine Dalam Mengindex halaman blog/Website Kita? Google melakukan 3 konsep secara bersamaan, yaitu:



Ada tiga proses yang harus dilakukan sebelum data tersebut di tampilkan oleh search engine di halaman pencarian, diantaranya :
 1.Proses Crawling.
Sebuah blog yang baru saja di publikasikan akan di datangi oleh spider  search engine untuk menyimpan seluruh informasi yang ada dalam blog,  tidak terkecuali dengan seluruh link di blog tersebut. Isi setiap  halaman blog sekaligus halaman blog dari link yang disertakan pada blog  ini akan di analisa,  baik dari struktur Header tag (H1 sampai H6), meta  tag, title sampai pada pembacaan data berupa text yang ada di dalamnya.  Sayangnya, data yang berupa gambar, spider search engine manapun masih  belum dapat mengcrawlnya jika tidak disertai dengan atribut alt.
Seluruh proses crawling ini sebenarnya di atur oleh halaman robots.txt  yang ada dalam blog kita. Halaman robots.txt tersebut akan memberi tahu  pada spider search engine tentang mana yang boleh di crawling dan yang  tidak boleh dicrawling. Beberapa halaman blog kita diharuskan tidak  dapat di crawling demi keamanan blog dari para hacker dan virus serta  melindungi script penting dalam blog agar tidak terbajak pihak lain  seperti script cms platform blog yang kita pergunakan.
Catatan : Terkadang kerja spider  ini bisa terhambat jika dalam blog kita terdapat banyak error line pada  template yang digunakan. Untuk itu perlu mempertimbangkan pemilihan  template blog. Pemilihan sebaiknya kita jatuhkan pada template yang  telah tervalidasi atau setidaknya mengandung sedikit error line. Bila  template memiliki ratusan error line, dikhawatirkan proses crawling akan  gagal. Sehingga blog tidak akan pernah muncul dalam halaman pencarian  search engine. Contoh search engine yang sensitive terhadap masalah  validasi template blog adalah search engine bing.

2.Proses Index.
Semua data yang berhasil di crawl oleh spider search engine tersebut  disimpan dalam sebuah database index yang disertai dengan alamat urlnya.  Tujuan penyimpanan ini adalah untuk mempercepat menampilkan hasil  pencarian. Data blog yang paling banyak dicari adalah yang memiliki  kesempatan lebih besar untuk keluar di hasil pencarian search engine.

3.Proses Search
Ketika kita memasukkan query ke dalam search engine, search engine akan  memeriksa database index dan memberikan daftar halaman web yang paling  cocok menurut kriteria, biasanya dengan ringkasan singkat yang berisi  judul, isi halaman dan alamat urlnya.

Begitulah kira - kira cara kerja search engine dalam menentukan hasil pencaria

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama