Cara memisahkan vokal dan musik pada lagu yang stereo

Berikut ada beberapa cara agar anda bisa memisahkan antara vokal dan musik pada lagu tang terdengar suara stereo Untuk vokal dan musik yang direkam bersama di kedua kanal, yang pasti ada dan sama adalah vokalnya. Musiknya berbeda (yang sama sedikit). Jadi kalau vokal di salahsatu kanal di’invert’ (dibalik, berlawanan) diharapkan dapat menghapus vokal di kanal satunya. Hilang ‘deh vokalnya Buka lagu

contohnya ‘Sio Mama’ di Audacity.
Klik menu ‘track’ atau kanal (bintik merah).
Pilih “Split Stereo Track”.
Klik lagi dan setting ‘mono’ untuk keduanya.
Aktifkan (klik) salahsatu ‘track’ (mis. Right).
Klik menu ‘Effects’, klik “Invert”.
Putar lagunya dan hilang!
Simpan lagu, ‘blok’ kedua kanal [Ctrl] [A]
Klik ‘Export’, siap dipakai latar karaoke.
Tetapi hasil sepertinya kurang memuaskan. Sebagian suara instrumen musik hilang turut terhapus sehingga musik terdengar ‘kering
Ada satu plugin Audacity untuk menghilangkan vokal dengan kualitas lebih baik, Center Pan Remover. Salin berkas ‘centerpanremover.ny’ dan paste di folder Plugin Audacity.


Jalankan Audacity.
Buka lagunya, tidak perlu di’split’.
Klik menu [Effect].
Klik menu [Center Pan Remover].
Pindahkan setting ke ’0′ (‘band’).
Geser slider batas frekuensi batas bawah.
Geser slider batas frekuensi batas atas.
Klik [OK] atau [Debug].
Putar lagunya, lebih oke sekarang?
Simpan dengan klik ‘Export’. 

Frekuensi batas bawah dan batas atas adalah frekuensi vokal penyanyi yang akan dihilangkan. Tentunya nada instrumen musik yang berada di dalam zona ini juga turut terhapus. Sebagai acuan bisa diambil mulai batas suara pembicaraan orang (seperti di telepon) sekitar 300 ‘Hz’ (batas bawah) dan 3400 ‘Hz’ (batas atas). Batas pendengaran manusia adalah 20-20.000 Hz.
Setting ’1′ (‘channel’) hasilnya mendekati ‘invert’ Audacity. Data frekuensi batas bawah dan batas atas di kotak tidak berlaku.

1 Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

  1. gan ko saya malah keluar pesan " Nyquist did not return audio" kenapa ya?

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama