Cara memperbaiki dinamo elektrik starter yang rusak

cara mengatasi
Informasi-Bagian Dinamo starter merupakan salah satu organ intim yang sangat penting bagi kendaraan baik motor maupun mobil, hal ini sering kali dianggap sepele oleh para bikers padahal pabila Dinamo starter motor mengalami kerusakan alias ngadat motor akan mengalami mogok, berbeda dengan motor yang telah dilengkapi dengan Starter kick apabila terjadi ngadat pada Dinamo starter maka dapat menggunakan Starter kick dengan menyelah menggunakan kaki. Kerusakan Elektrik Starter dapat disebabkan beberapa faktor, kerusakannya dapat di deteksi dari ciri-cirinya.
Sehingga komponen yang rusak bisa dilacak dari suara atau dari fisiknya. Gejala gejala awal adalah seperti timbul suara kasar pada saat tombol Elektrik starter ditekan. Ada tiga komponen penting yang perlu diwaspadai, Aki, Switch, Starter atau Bendik dan Dinamo starter. ketiga komponen ini menjadi panduan kita ketika ingin mendeteksi masalah Elektrik starter. Jika Elektrik starter tidak berfungsi akibat akibat aki soak bisa dideteksi dari fungsi komponen lain, caranya dengan menekan tombol klakson. Jika suaranya tidak nyaring, artinya setrum aki tidak kuat, bahkan aki yang lemah dapat menyebabkan bendik bersuara kretek-2

Fungsi Switch starter atau bendik bertugas menyambung arus listrik dari aki  ke Dinamo starter. Bentuknya seperti kabeldan menyambung ke aki dan satunya lagi ke Dinamo starter didekat mesin. apabila  bendik mengalami kerusakan, apabila starter ditekan biasanya hanya menimbulkan bunyi cetak...cetak. Kalaupun terdapat arus dari bendik, dipastikan sudah tidak kuat memutar Dinamo starter. Untuk memastikanya dapat dijumper langsung dengan cara menghubungkan tangkai obeng di kedua terminal kabel pada bendik. Bila mesin ingin hidup, jelas sekali bahwa bendik mengalami kerusakan.

Dinamo Starter, bagian yang satu ini sangat jarang sekali mengalami kerusakan, lantaran kumparannya cukup awet. Justru yang sering rusak adalah Brush atau sikat arang. Jika habis tergerus, akibatnya arus listrik pada bendrik tidak mengalir, oleh karena itu kumparan tidak dapat memutar as yang menggerakan gear yang menyambung ke kruk as. Solusinya adalah mengganti arang , begitu juga jika timbul suara mengiuk. biasanya mangkuk as rotor di bodi dinamo kurang pelumas dan segera di service

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama