Cara memilih hp bekas yang masih berkualitas baik

Taukah anda Apabila kita membeli handphone(hp)bekas kita harus tau kondisi barang tersebut apakah layak pakai ataupun tidak,disini kita akan memberikan tips dan trik cara anda memilih bila anda akan membeli Hp bekas tersebut dengan mengikuti langkah dibawah ini

Memilih dan membeli Hp bekas
Kondisi fisik Hp

Secara tidak langsung, kondisi fisik dari suatu perangkat menggambarkan perlakuan dan perawatan yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Perhatikan bagian casing, apakah terdapat dent atau bagian yang cacat seperti bekas jatuh. Jika terdapat dent atau goresan - goresan, bisa diindikasikan bahwa perangkat tersebut pernah jatuh dengan keadaan yang agak parah dan perlu diteliti lebih detail lagi mengingat hal itu (perangkat yang jatuh) dapat menyebabkan kerusakan pada komponen penting perangkat. Perhatikan juga tampilan layarnya apakah terdapat death pixel atau tidak. Biasanya death pixel terdapat di pinggiran layar yang ciri - cirinya adalah warna akan nampak lebih pucat dibagian itu, atau terdapat warna atau bercak kemerahan. CMIIW.

    Cek fisik Hp Part II : Periksa keyboard / layar sentuh dan tombol lainnya

Disini Gratisslaguu akan membagi tips nya menjadi dua bagian, yakni untuk perangkat dengan keyboard fisik dan perangkat dengan layar sentuh :

    Jika perangkat memiliki keyboard fisik, periksalah apakah semua tombolnya berfungsi dengan baik. Hal ini sangat penting khususnya bagi handphone yang isinya tombol semua memiliki banyak tombol fisik (QWERTY) demi menjaga kenyamanan saat menggunakannya nanti.
    Jika perangkat tidak memiliki keyboard fisik alias handphone / smartphone dengan layar sentuh, hal yang harus diperiksa adalah sensor dari layar tersebut, apakah bekerja dengan baik atau tidak. Karena perangkat yang isinya cuma layar thok menggunakan navigasi layar sentuh sangat rentan terhadap kerusakan pada bagian layar khususnya jika perangkat pernah terjatuh. Sentuh dan navigasi seluruh bagian layar mulai dari ujung atas hingga ujung bawah dan pastikan semua bagian layarnya dapat merespon dengan baik.

Selain hal diatas, biasanya dalam sebuah handphone terdapat beberapa tombol lain seperti tombol power, volume, kamera dll. Pastikan juga semua tombol tersebut berfungsi dengan semestinya.

    Periksa keaslian perangkat Hp

Kondisi fisik yang baik memang penting, tapi keaslian perangkat lebih penting! Jangan mudah tergiur dengan harga murah karena bisa jadi itu adalah barang BM atau bahkan barang palsu! Cara yang paling mudah adalah dengan cara mengecek IMEI dari perangkat tersebut. Perangkat resmi (bukan BM) dan asli akan mengeluarkan informasi tentang kode IMEI jika kita menekan tombol #*06# pada menu telepon. Namun jika kamu belum yakin, lakukan beberapa pengujian lain seperti yang sudah mimin posting pada halaman cara cek handphone asli atau palsu.

    Periksa kinerja perangkat Hp

Jangan melihat sesuatu dari bentuk fisiknya saja, sepertinya ungkapan pepatah itu sangat tepat untuk diterapkan dalam hal bertransaksi. Bentuk fisik "mulus" belum tentu kinerjanya juga bagus karena sering kali kerusakan tertentu tidak bisa terlihat dari bentuk fisik luarnya saja bukan? Maka memeriksa apakah perangkat dapat bekerja dengan semestinya juga menjadi faktor penting sebelum memutuskan untuk membelinya.

    Periksa fitur perangkat Hp

Fitur - fitur seperti kamera, speaker dan lainnya juga menjadi hal yang wajib diperhatikan. Jangan sampai fitur tersebut malah tidak bisa digunakan dengan baik sehingga akan mengurangi kenyamanan dan fungsionalitas #halah dari perangkat yang akan kita beli. Yup, ini berkaca dari kesalahan saudara kandung (kakak) mimin yang menyesal setelah membeli handphone bekas karena ternyata speaker pada perangkat tersebut sudah rusak meski keadaan fisiknya masih sangat baik.

    Kelengkapan perangkat Hp

Kelengkapan seperti kotak atau dus, kabel USB, memory card, earphone original dan lain lain menjadi nilai tambah pada gadget bekas. Jika perangkat yang kamu beli dilengkapi dengan dus, maka carilah kode IMEI pada dus tersebut dan cocokkan dengan kode IMEI perangkatmu (seperti yang sudah dijelaskan diatas). Jika ternyata cocok, (hampir) bisa dipastikan bahwa perangkat tersebut adalah barang tersebut bukanlah barang curian.

    Harga Hp

Yang terakhir adalah soal harga. Pastikan harganya sesuai dengan kisaran harga dipasaran. Biasanya jika semua hal diatas sudah terpenuhi, maka harga dari perangkatnya pun bisa dibanderol cukup tinggi (untuk kisaran harga bekas pada tipe perangkat yang sama) karena memang kualitasnya masih baik atau anda bisa me negosiasi dengan si penjual.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama