Inilah dampak blog yang terkena google sandbox

Postingan ini saya buat karena terinspirasi bahwa ada beberapa blog yang terkena dari efek google sanbox sehingga blog tersebut semua postingan artikel tidak terdeteksi di hasil pencarian google walaupun masih ada beberapa yang muncul sebenarnya blog saya ini jg pernah masuk dalam daftar Google Sandbox dan hampir masuk kategori Google Site Banned yg memaksa saya harus mencabut semua properti SEO di blog ini dan harus vakum selama sebulan lebih agar Google berhenti mengindex blog ini dan hingga pada akhirnya blog ini keluar dari google sandbox. Lantas apa akar permasalahannya dan bagaimana pemecahan masalah dari Google Sandbox ini? Disini saya hanya akan membahasnya sesuai dgn pengalaman pribadi tanpa bergaya ala webmaster profesional.
Tampilan blog setelah di cek di Google Sandbox Checker Tool

Penyebab Masuknya Situs Blog di Google Sandbox Pernahkah anda alami ini, saat anda mengetikkan nama situs blog anda di kotak pencarian google yg muncul malah situs lain, halaman webfans, atau nama situs blog yg mirip dgn situs blog original kita? Coba cek di Google Sandbox Checker Tool. Kalau situs atau blog sobat masuk dalam daftar Google Sandbox jangan kesal pada siapa-siapa, itu terjadi karena kesalahan kita yg terlalu berlebih-lebihan. Berlebih-lebihan dimaksud disini adalah kesalahan fatal saat mendesain situs blog tdk sesuai dgn ketentuan SEO. Kesalahan tsb antara lain menggunakan deskripsi situs blog yg tdk berhubungan dgn isi blog, menggunakan meta tag yg tidak ada pada artikel, hobi bergonta-ganti tema situs blog, melakukan ping berulang-ulang dalam satu hari, memuat artikel lebih dari dua dalam sehari, dan masih banyak lagi. Penyebab ini bisa kita cari di mesin pencari. Penyebab lainnya kita menggunakan layanan review page, layanan seperti ini sangat melanggar ketentuan google khususnya situs blog yg mendaftar atau memasang iklan dari Google Adsense. Lho… kenapa bisa? Karena situs blog yg memasang iklan adsense bila memiliki pageview terbanyak apabila sah maka akan mendapatkan bayaran walaupun sedikit sekitar $.0,0~ lah. Apabila melanggar bukan hanya “kotak pasir” yg didapat bisa jadi situs blog masuk dlm daftar Google Banned Site ( cek disini ). Dan bila situs blog masuk dlm daftar Google Banned Site maka sudah tiada lagi harapan untuk mengembalikan seperti semula, yg bisa dilakukan adalah mengganti nama situs blog atau domain sambil memperbaiki bagian-bagian yg melanggar ketentuan SEO.

Namun aneh bin ajaib meskipun banyak situs blog yg “gak nyambung” berhasil dilenyapkan oleh Google Search Engine masih saja ada situs blog baru yg masih bau kencur bermunculan berada diurutan teratas dgn artikel yg tdk berhubungan dgn kata kunci yg kita masukkan. Disini kita harus ingat Google akan melakukan ricek terhadap semua situs yg masuk dlm urutan pertama Google Search sebulan sekali. Jadi situs blog yg berada diurutan pertama Google Search jgn bangga dulu, bisa jadi situs blog terkena sangsi pinalti di kotak pasir si Google, dan tidak menutup kemungkinan situs blog dilempar keluar dari lingkaran search engine Google alias Google Site Banned.

Cara Keluar dari Google Sandbox.
Keluar dari google sandbox bukanlah pekerjaan mudah dalam waktu yg singkat, namun masih mudah bila kesalahannya hanya terdapat pada beberapa artikel yg broken link. Tapi bila broken link-nya mencapai ratusan seperti yg pernah terjadi pada blog ini apakah pernah terpikir untuk memperbaiki artikel sebanyak itu? Tentu tdk mungkin.

Ada banyak cara untuk keluar dari google sandbox, kita bisa mencarinya di Google Search, rata-rata tips yg diberikan cukup membantu. Tips disini yg saya terapkan untuk blog ini yg memiliki broken link hingga ratusan adalah sbb:

  1.     Menghapus domain dan situs dari Google Webmaster Tools.
  2.     Mencabut/Mengnonaktifkan plugin/widget yg berbau SEO.
  3.     Berhenti membuat dan membuat artikel pada blog ini.
  4.     Yg terakhir membiarkan blog nganggur selama sebulan lebih tanpa melakukan apa-apa.

Adapun penyebab yang lain diantaranya:

  •     Kualitas Rendah
  •     Web/Blog yang artikelnya tidak bermutu
  •     Copas/Copy paste
  •     Mengambil seluruh atau sebagian artikel blog lain
  •     Duplicate Content/Duplikat konten
  •     Kalimat yang sama didalam blog sendiri
  •     Artikel Pendek
  •     Artikel yang kurang dari 400 kata
  •     Banyak Memasang Iklan
  •     Blog yang memasang iklan lebih dari 3 iklan
  •     Blog Berat
  •     Blog yang lebih dari 100 kB
  •     Penumpukan Kata Kunci
  •     Sering mengulang kata dalam post/artikel

Setelah sebulan saya mencoba mengecek ulang situs blog ini di Google Sandbox Checker Tool jawabn yg sy dapat “Your Site is Looking Ok” artinya kurang lebih “situs anda terlihat baik-baik saja”. Nah tinggal memasang ulang situs blog di Google Site Add dan mengsubmit ulang sitemap situs blog pada Google Webmaster Tools. Selanjutnya tunggu seminggu untuk mengecek posisi artikel blog kita berada diposisi mana oleh Google Search Engine. Bila sudah berada di posisi yg aman saran saya jangan ulangi kesalahan yg sama lagi sebab bukan kotak pasir yg mungkin kita dapat tapi Tendangan Halilintar si mbah Google yg melayang dijidat situs blog kita alias Google Site Banned.

    Google Sandbox Checker Tool untuk cek situs blog digoogle sandbox
    Google Banned Site checker untuk cek situs blog digoogle site banned.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama