Blogwalking mengunjungi blog dan berkomentar

Blogwalking jadi menyenangkan karena bisa jadi salah satu interaksi sosial di dunia maya. Interaksinya tentu saja lewat kolom komentar di blog yang didatangi. Satu komentar bisa berbalas dengan komentar lain dan di sanalah interaksi terjadi.
Saya ingat, kala itu ada beberapa blog yang masuk sebagai list blog favorit. Favorit karena saya kunjungi setiap hari dan saya bisa berlama-lama di blog itu. Interaksi juga sering terjadi di kolom komentar dan beberapa pemilik blog itu kemudian jadi kawan akrab di dunia maya.
Itu jaman ketika media sosial seperti Facebook dan Twitter belum lahir. Blog jadi salah satu (atau mungkin satu-satunya) media sosial yang menghubungkan banyak orang. Memang ada Friendster, tapi gemanya belum sekuat Facebook beberapa tahun kemudian. Interaksi melalui blogwalking dan komentar itu juga jadi cikal bakal lahirnya beberapa komunitas blogger daerah.

Kemudian datanglah Facebook dan menyusul kemudian Twitter. Dua media sosial itu rupanya menggerus banyak kebiasaan para blogger jaman dulu. Keleluasaan berinteraksi dan menumpahkan perasaan secara instan perlahan-lahan membuat aktifitas ngeblog jadi agak membosankan dan tidak menarik lagi. Untuk apa repot-repot login, add new post, mengetik, mencari foto, menentukan kategori, tag dan kemudian menekan tombol publish kalau Anda bisa melakukannya dengan cepat di aplikasi Facebook dan Twitter? Jadilah curhatan-curhatan pendek dan personal itu menghilang dari blog karena semua sudah tersalurkan di media sosial lain. Hanya tersisa blogger yang benar-benar punya hasrat untuk ngeblog dan menganggap batasan karakter di Twitter dan status Facebook menghalangi mereka untuk menumpahkan ide atau opini.
Nah karena pola blogging dan media sosial sudah berubah maka salah satu tradisi seperti blogwalking juga ikut berubah. Dari lingkungan blogger terdekat, saya menemukan kalau tradisi blogwalking ternyata perlahan-lahan sudah ditinggalkan. Waktu yang tidak sebanyak dulu lagi jadi salah satu alasan di balik alasan sesungguhnya bahwa hasrat untuk berinteraksi lewat blog sudah tergantikan oleh media sosial lain. Perlahan-lahan jumlah komentar di blogpun makin menyusut, tidak seperti dulu ketika blogwalking masih sering dijalani.

Tapi benarkah tradisi blogwalking dan meninggalkan komentar benar-benar sudah punah? Tentu saja tidak! Masih banyak blogger yang tetap melestarikan tradisi ini, blogwalking ke blog teman untuk sekadar bertegur sapa dan bukan karena ingin mencari sesuatu. Sekadar berkunjung, menyapa dan beruntung kalau memang ada postingan yang dianggap berguna atau minimal menarik untuk dibaca.
Setahu saya ada juga komunitas blogger yang anggotanya masih sangat rajin untuk saling mengunjungi dan meninggalkan komentar. Di blog anggota komunitas itu saya sering sekali menemukan jumlah komentar yang jumlahnya belasan dan bahkan puluhan. Interaksi antara pengunjung dan pemilik blogpun masih terasa hangat, bukti kalau mereka masih melestarikan tradisi blogwalking dan meninggalkan komentar. Mereka ini adalah orang-orang yang masih punya hasrat tinggi ngeblog, masih menjadikan blog sebagai media utama untuk berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya.
Dunia blog saat ini memang sudah mulai berbeda dengan masa 7 tahun lalu. Blog masih tetap ada, peminatnyapun masih banyak. Hanya saja model interaksinya sedikit berbeda, tradisi blogwalking sudah tidak seramai dulu lagi.

4 Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

  1. budaya blogwalking tdk akan pernah hilang dan biasanya pesertanya adalah para blogger pemula :D dan jika sdh master biasanya mereka mulai undur diri dari blogwalking ;)

    saya sendiri msh pemula jadi sering blogwalking jika koneksi internet saya pas bisa diajak kompromi :)) makasih opininya mas :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih mbak Indri anda sudi telah berkunjung di blog baru saya dan sekaligus pengunjung pertama blog ini pantas mendapat guines op rekor mbak:SG

    BalasHapus
  3. nice info gan, cocok untuk blogger pemula seperti saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ni mas rea ..kita juga sering kok berkomentar walaupun mengenai pertanyaan.karena sama saya juga blogger pemula.

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama