Cara menggunakan peralatan mouse di komputer

Memiliki peralatan komputer memang memerlukan perawatan yang teratur agar tetap terjaga kondisi peralatannya.  Perangkat komputer yang lengkap terdiri dari CPU, monitor, keyboard juga mouse komputer.  Peralatan mouse pada perangkat komputer ini memang bentuknya kecil namun memiliki fungsi penting.  Perlunya perawatan juga pemakaian yang baik agar mouse pada perangkat komputer dapat dipakai sesuai fungsinya.

Fungsi dari Mouse Komputer

Sebenarnya tanpa mouse pada perangkat komputer, Anda juga dapat menggunakan peralatan lain untuk melakukan pengerjaan di komputer, yaitu dengan menggunakan tombol-tombol navigasi pada keyboard, yaitu yang ditunjukkan dengan garis panah ke samping (left), ke kanan (right) juga ke atas dan ke bawah (up dan down).
Tapi dengan menggunakan mouse pada perangkat komputer maka pekerjaan yang Anda lakukan akan menjadi lebih mudah dan cepat.  Anda cukup dengan menekan tombol pada mouse pada perangkat komputer saat kursor tanda panah yang bergerak sesuai keinginan.  Fungsi dari mouse pada perangkat komputer ini adalah untuk memberikan sebuah permintaan/perintah pada komputer untuk memindahkan kursor pada layar komputer.
Bagi sebagian orang, terutama para pemula yang masih belum terbiasa dalam penggunaan computer, tentunya keberadaan mouse ini sangatlah membantu pekerjaan mereka.
Namun memang sejatinya dalam mengoperasikan computer, keberadaan mouse bukanlah hal utama yang harus diadakan. Tanpa mouse, computer sudah dapat untuk dijalankan.
Hal ini akan lebih mudah bagi mereka yang sudah terbiasa mengopersikan computer. Karena memang sudah ada cara tersendiri dalam mengoperasikan computer tanpa adanya mouse.
Hal ini adalah dengan bantuan dari keyboard. Karena memang keberadaan keyboardlah yang lebih penting daripada keberadaan mouse. Cukup denga mengerti dan memahami semua kode dalam penggunaan keyboard untuk menggantikan keberadaan mouse, semuanya sudah dapat dengan mudah dilakukan.
Sebut saja cara dalam melakukan penyimpanan file dalam bentuk Microsoft Office Word 2007. Jika kita menggunakan mouse, maka yang harus dilakukan cukup banyak hal. Yaitu mengarahkan kursor ke arah pojok kiri atas dari monitor.
Disana terdapat tanda lingkaran yang didalam ada semacam bentuk persegi berwarna-warni. Setelah kursor diarahkan ke bagiantersebut, maka yang dilakukan selanjutnya adalah mengklik bagian itu.
Lalu muncullah banyak hal di bagian yang telah diklik. Sebut saja new, open, save, save as, print, atau pun hal yang lain. Untuk penyimpanan, maka yang ita pilih adalah bagian save. Jadi bagian tersebut kita klik.itulah yang harus kita lakukan jika akan melakukan penyimpanan dengan menggunakan mouse.
Namun, untuk melakukan hal yang sama dengan menggunakan keyboard, maka yang dilakukan adalah sangat simpe. Untuk menyimpan, yang dilakukan adalah cukup menekan tombol control  lalu seketika juga menekan huruf 'S' di keyboard. Maka secara otomatis, system di computer akan menyimpan apa yang telah Anda lakukan.
Itulah kelebihan penggunaan keyboard tanpa keberadaan dari mouse. Walau pun demikian, dalam beberapa situasi tertentu keberadaan mouse sangatlah membantu karena penggunaan keyboard saja membutuhkan waktu lebih lama dan tentunya lebih ribet.
Dalam hal ini misalnya adalah ketika kita akan mengeblok bagian dari teks yang telah kita ketik atau sedang kita baca. Keberadaan mouse tentunya sangat mempermudah akan hal ini.
Dengan adanya mouse, pengerjaan mengeblok hanya dilakukan dengan beberapa klik saja pada bagian yang akan diblok. Sedangkan jika menggunakan keyboard, tentunya akan memakan waktu lebih lama. Karena kita butuh untuk menekan tombol shift dan mengarahkan tanda panah ke tempat yang akan kita blok.
Demikianlah bagaiman mouse memang membantu kerja dari pengoperasian komputer. Karena memang mouse adalah salah satu perangkat keras dari komputer yang keberadaannya untuk mempermudah penggunaan dari komputer.
Mouse adalah bagian yang paling sensitive dari computer maka dalam penggunaannya membutuhkan perawatan yanglebih. Misalnya dihindarkan dari jatuh atau pun gesekan dengan benda yang keras.

Bagian-bagian dari Mouse Komputer

Ada dua bagian dari mouse pada perangkat komputer, bagian kanan dan kiri yang terpisah dan berbeda pula kegunaannya. 
1. Bagian sebelah kiri mouse pada perangkat komputer lebih berfungsi sebagai penggerak kursor. Namun untuk beberapa mouse keluaran terbaru, bagian ini telah dibantu pengerjaannya oleh bagian yang disebut dengan scroll.
Scroll adalah bagian mouse yang terletak di tengah diantara bagian kanan dan bagian kiri mouse. Bagian scroll ini berfungsi untuk menggerakan kursor ke tempat yang kita inginkan, naik atau turun dengan lebih cepat dibandingkan dengan tombol anak panah atau pun page up dan page down yang ada di dalam keyboard.
Namun untuk beberapa mouse yang telah mengalami kerusakan pada bagian scroll ini, mouse tersebut tetap dapat dipakai. Walau pun kehilangan fungsi scroll ini akibat dari kerusakan fungsinya.
2. Sedangkan yang sebelah kanan lebih berfungsi untuk memunculkan berbagai menu singkat dari program komputer.

Macam-macam Mouse komputer

Pada awalnya mouse pada perangkat komputer ini diciptakan dari peralatan sederhana yang berbahan dasar kayu oleh D. Engelbart.  Semakin lama teknologi pun semakin berkembang, mouse pada perangkat komputer pun berubah bentuk menjadi seperti sekarang yang Anda gunakan.  Berikut ini macam-macam mouse pada perangkat komputer, yaitu:
1. Mouse komputer optikal.  Mouse ini sekarang banyak digunakan dan dipakai.  Selain lebih modern, penggunaan mouse yang berbentuk optikal ini menggunakan sensor cahaya dalam menggerakkan kursor.  Mouse ini masih menggunakan kabel yang dihubungkan dengan CPU.
2. Mouse Komputer wireless. Mouse komputer jenis ini tanpa kabel dan lebih mudah dibawa-bawa, terutama saat ingin menggunakan jenis laptop atau notebook.  Mouse jenis ini menggunakan daya dari sinar infra red.  Perlengkapan lainnya dari penggunaan mouse wireless ini adalah koneksi ke komputer dengan menggunakan USB.
Mouse Komputer dan Perkembangannya
Bug, begitulah awalnya mouse komputer disebut oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute (1963). Mouse merupakan salah satu aksesoris komputer yang wajib di miliki, walaupun laptop memiliki mouse pad, tanpa mouse akan memakan waktu yang lebih lama dalam pengoperasian komputer.

Berbagai Jenis Mouse

Sampai saat ini mouse dapat dibagi dalam beberapa jenis :
1. Mouse bola, mouse ini menggunakan bola kecil di dalamnya yang bisa berputar ke semua arah dan di deteksi oleh sensor di dalam tubuh mouse. Track ball adalah pengembangan mouse dari tipe ini. Track ball merupakan jenis mouse yang menggerakkan bola dengan jari. Mouse bola harus sering di bersihkan karena debu akan mudah menempel pada bola di dalam mouse, yang akan mempengaruhi kinerja mouse.
2. Mouse optical, mouse ini menggunakan LED dan photo diode untuk merekam pergerakan mouse. Mouse jenis ini tidak memerlukan perawatan yang lebih dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi.
3. Mouse laser, mouse jenis ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan menggunakan laser sebagai pengganti LED. Mouse ini jarang di gunakan karena harganya yang mahal.
Mouse  memiliki satu sampai tiga tombol di badannya. Yang banyak beredar sekarang adalah mouse dengan dua tombol kiri dan kanan, dengan tambahan satu roda di tengahnya yang memiliki fungsi untuk menggeser halaman ke atas atau ke bawah.
Mouse  wireless juga telah banyak di pakai oleh masyarakat, mouse tanpa kabel ini menggunakan teknologi seperti gelombang radio, infra red, dan Bluetooth.
Pengembangan Mouse
Pada perkembangan mouse optic, terdapat banyak kasus kelainan jaringan pada tangan akibat radiasi yang dipancarkan oleh mouse jenis ini. Karena radiasinya memiliki tingkat yang lebih tinggi dari radiasi handphone. Beberapa perusahaan sudah tidak lagi menggunakan mouse jenis ini. Radiasi ini akan sangat berbahaya jika pengguna memegang mouse secara terus menerus.
Jadi, solusinya adalah jangan selalu memegang mouse. Tapi berbagai perusahaan pembuat mouse saat ini sudah melengkapi pelindung radiasi pada mouse yang di buatnya.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama