Cara membuat alat bubu untuk menangkap ikan

Sahabat Sindoglamor-Bubu itu merupakan alat tangkap yang umum dikenal dikalangan nelayan, yang berupa bersifat  menjebak, dan bersifat pasif. Alat Tangkap Bubu sering juga disebut perangkap alat tersebut dibuat sepenuh nya dari bambu,Alat tangkap ikan bubu terbagi lagi menjadi beberapa jenis , diantara jenis-jenis alat tangkap bubu yaitu :
    Bubu
  •  FloatingFish Pots atau  Bubu Apung
  • Ground Fish Pots atau  Bubu Dasar 
  • Bubu Apolo
  • Bubu Ambai
  • Bubu Jermal
Alat Tangkap ikan Bubu terbuat dari bambu, dengan rotan cincin sebagai bingkai. Ini berbentuk seperti tong tapi meruncing menjelang akhir menyerupai kerucut. Mulutnya dilengkapi dengan saluran separat pintu masuk yang memungkinkan ikan atau udang untuk melewati dengan mudah dalam satu arah saja.

Untuk membuat sebuah alat tangkap bubu, batang bambu dipisahkan dan dibuat menjadi rata, cincin berukuran jari batang, jumlah dan panjang yang bergantung pada dimensi yang diusulkan perangkap ikan. Rotan cincin, yang menentukan ketebalan dan memegang tongkat bambu bersama-sama, ditempatkan pada pembukaan dan spasi keluar beberapa sentimeter terpisah untuk suatu titik di mana tongkat merupakan membungkuk untuk membentuk berbentuk kerucut akhir.

Tongkat yang diikat ke cincin dengan rotan potongan dan berbentuk kerucut-akhir ini baik ditenun dengan rotan strip atau diikat dengan tempurung kelapa. Seorang pembuat bubu yang sangat terampil dapat menyelesaikan pekerjaan pada ikan berukuran sedang-perangkap dalam beberapa hari saja cara penggunaanpun sangatlah mudah dan sederhana kita hanya perlu memasukkan bubu kedalam sungai maupun kolam-mudah bukan

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama