Cara melilit dinamo kipas angin rusak

Walupun dinamo kipas angin sekarang banyak kita jumpai di toko sparepart elektronik tidak ada salahnya kita menggunakan keahlian kita untuk melilit dinamo kipas angin,dinamo kipas angin banyak kita jumpai di toko alat elektrinik dengan berbagai ukuran dan tentunya berbeda harga dengan kita bisa melilit ataupun menggulung dinamo tersebut setidaknya akan mengurangi biaya servis dinamo tersebut,pada dasarnya cara  Menggulung dinamo yang ada pada kipas angin yang rusak tidaklah serumit memperbaiki peralatan elektronika yang lain contohnya Tv dan juga Laptop Dilihat dari segi ekonomis atau tarif memang tidaklah terlalu menguntungkan, Tetapi ini hanyalah langkah awal sebagai latihan menggulung dynamo bagi tukang servis pemula.apabila kita sudah mahir menggulung dynamo kipas maupun menggulung dynamo lain  seperti mesin cuci, pompa air, genset portable, blower outdoor AC bahkan dynamo untuk peralatan industry tidaklah menjadi lebih sulit.
Gejala pada saat kipas angin tersebut rusak bisa kita ketahui dengan cara melihat kecepatan putaran dan suara dengung  Baca juga  Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung

Kalau sudah memahami sampai pada tahap ini, bisa jadi hasilnya lebih awet/tahan lama di bandingkan dengan produk pabrikan,Bila kita lihat pada jenis kerusakan yang ada pada dinamo sebenarnya kerusakan yg ada pada semua jenis dinamo tidak terlalu sulit serta dapat diprediksi jenis kerusakanya.Belum lagi bekas dari sisa kawat2 tembaga bisa kita manfaatkan untuk dijual karena harga jual tembaga saat ini lebih mahal dibandingkan dengan alumunium pokoknya daripada beli dinamo baru lebih baik kita gulung sendiri dinamo tersebut.

  • Perhatikan pada saat kita akan menggulung dynamo kipas angin tentunya apabila kita melakukannya secara manual dibutuhkan kesabaran,ketrampilan dan daya ingat yang exstra dan disini akan benar2 diuji agar tidak keliru dalam proses penghitungan dan memasukkan kawat ke dalam keren yg dapat menyebabkan dynamo tidak bekerja dg sempurna dan tahan lama begitupun dengan jenis kawatnya sangat halus dg jumlah yg lumayan banyak.

Disini saya coba berbagi dg rekan2 melalui gambar skema Mudah2an jadi lebih mudah dan bisa dimerti untuk dipahami. Standard diameter kawat dan jumlah lilitan yang saya pakai adalah standar dynamo kipas angin jenis Maspion yg kebanyakan beredar di pasaran.

Lilitan email dinamo
Sebagai catatan cara melilit
Jumlah lilitan utama bisa ditambah hingga 10% untuk lebih awet dg konsekuensi putaran dynamo sedikit lebih lambat.Apabila terjadi kesalahan pada arah putaran, dapat diatasi dg jalan hanya membalik posisi keren dynamo atau merubah sambungan kopel pada dynamo. Ada baiknya juga kita mengetahui caranya dg jalan melepas sambungan kawat pada pangkal kawat gulungan utama dan medium speed (high speed/1). Lalu memindakan pangkal kawat medium speed keujung kawat gulungan utama yg sebelumnya ke capasitor lalu memindahkan sambungan kabel ke kapasitor pada pangkal kawat gulungan utama.Gunakanlah sebilah bambu/kayu yg diraut tipis pada ujungnya untuk membantu mendorong kawat kedalam lobang lobang keren. Lakukanlah dg hati2 Harap perhatikan arah lilitan untuk setiap kutub.

Dinamo setelah dililit

Sebagai referensi untuk kipas cina yg tbl kerennya kira2 hanya 1-1,2Cm, kawat yg digunakan 0,12 dan 0,10mm dg jumlah lilitan berkisar 900 - 1200 lilitan. untuk gulungan medium/low speednya tidak lbh dr 20% dari total lilitan contoh: ...total 1000liitan => medium=200, low=200, starter 600. capasitor 1-1,2uf/400VAC. tp kipas cina jrng bisa awet dipake nonstop, dkarenakan kawat dan keren yg digunakan terlalu kecil/tipis sehingga tidak tahan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

 
Copyright © 2015. Sindo Glamor.