Cara memperbaiki receiver parabola mati total

Cara memperbaiki receiver - Tips ini saya bagikan kepada para pengguna antena parabola yang mengalami permasalahan pada perangkat receiver digital parabola yang mengalami kerusakan dengan gejala mati total pada receiver tersebut, memang receiver parabola harga dan merk pun beragam mulai dari merk matrix dan lainya pada dasarnya harga receiver parabola digital tersebut terjangkau mulai dari 100 ribuan dan bisa juga 100 ribu keatas tetapi disini kita akan membagikan tips dan cara memperbaiki receiver yang rusak tersebut dengan cara yang sederhana dan pada dasarnya apabila perangkat penerima receiver rusak banyak sekali faktor yang menimbulkan kerusakan pada receiver tersebut.
Receiver Parabola

Kerusakan receiver kali ini dengan ditandainya lampu indikator power suplai tidak menyala,lantas saya asumsikan bahwa penyebabnya adalah perangkat power suplaynya dan yang harus dipersiapkan adalah:

1.Alat alat kerja pendukung
  • Solder,timah,obeng,sedotan timah dan multitester
2.Membuka casing receiver
  • Buka sekrup maupun baut baut yang terpasang
3.Lihat pada bagian power suplay receiver tersebut
  • Teliti satu deni satu kerusakanya mulai dari fuse pastikan fuse dalam keadaan baik dan tidak putusm maupun dioda dan elco untuk elco usahakan terlihat tidak kembung.
Bagian power suplay parabola

4.Dan permasalahan penyebab receiver yang yang saya sevis adalah bagian dioda yang ada pada power suplay tersebut dengan bertuliskan IN4750 yaitu doida 27 volt Dioda zener,setelah saya ukur dan ternyata dioda tersebut short konslet begitu juga elco elco yang berada di dekat dioda zener semuanya kembung atau kering dan juga bocor lalu saya belikan dioda zener dan elco sesuai dengan ukuran tersebut kemudian memasangnya kembali dan ahkirnya receiver parabola tersebut hidup kembali,dari pada beli baru lebih baik kalau kita bisa memperbaiki sendiri akan lebih hemat heeeeee.

Dan juga mungkin apabila kita beli receiver baru kita akan dipusingkan untuk mensetting mencari siarannya, bicara mengenai setting receiver parabola bagi anda yang membutuhkan informasi cara seting receiver parabola anda bisa membaca Cara mencari siaran otomatis antena parabola.

3 Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

  1. apa itu bisa di terapkan untuk semua jenis reciver mas, saya menggunakan merk technosat, kadang kalau eror ku pasang yang merk venus, di antara 2 merk itu bagusan mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah error berarti bukan masalah power suplaynya mas,tetapi di receiver saya kendalanya mati total karena tidak bekerjanya rangkaian power suplay- tetapi alangkah baiknya di coba bongkar siapa tau ada komponen tertentu yang sudah kering elco maupun resistornya pada bagian power suplay.

      Hapus
  2. Klo punya saya merek planet lampu indikator hidup tapi tidak mau star display pun tidak hidup dan ic dekat display panas sekali kira2 apanya mas

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama