Bahan dan cara untuk menjernihkan air yang keruh

Ada beberapa bahan yang bisa kita sediakan untuk menjernihkan air sumur yang terlihat keruh dan kotor, Air memang merupakan kebutuhan pokok yang mendasar bagi kelangsungan hidup manusia bukan hanya manusia saja tumbuhan , hewan juga sangat bergantung dengan adanya air, bahkan tanpa adanya air tumbuhan pun tidak akan bisa tumbuh dengan sempurna, untuk mencukupi akan kebutuhan minum kita sehari hari air yang bersihlah yang bisa kita gunakan untuk air minum.

Untuk kegunaan air pun sangatlah beragam mulai untuk air minum menyirami tanaman dan juga untuk bahan dasar untuk campuran membuat bangunan dan masih banyak kegunaan lainya kegunaan air dalam kehidupan manusia diantaranya dimanfaatkan untuk eir minum, untuk memasak, untuk mandi, membuat olahan makanan tentu saja bila air untuk di konsumsi manusia tentu saja harus mempunyai tingkat kebersihan dan kejernihan.
Untuk daerah perkotaan air dari sumur bersih memang tergolong bahan kebutuhan hidup yang mahal 1 jerigen saja harga nya bisa sampai 3 ribu rupiah, tetapi bila perkotaan di landa banjir tentu saja air bersih adalah barang yang langka.

Dengan adanya banjir di perkotaan kita tentu saja sulit untuk mendapatkan air yang bersih tetapi jangan khawatir kita bisa memanfaatkan air yang keruh tersebut untuk bisa kita jernihkan tentu saja untuk menjernihkan air yang keruh tersebut kita harus mempersiapkan alat alat dan bahanya.

Bahan maupun alat yang harus di persiapkan untuk membuat alat penjernih air diantaranya adalah:

 

  • Pasir, pasir ini berfungsi sebagai media penyaring utama dari kotoran yang terdapat pada ir yang keruh tersebut.
  • Menggunakan arang yang terbuat dari batok kelapa maupun bahan dari sisa pembakaran kayu juga bisa.
  • Sediakan kerikir batu yang halus atau bisa juga dengan kerikil batu hias yang sudah di cuci.
  • Sediakan ijuk, ijuk biasa digunakan untuk menyapu halaman rumah dan tentu saja kita bisa menyediakan ijuk tersebut dari sapu.
  • Batu, sedikan batu yang ukuranya agak lebih besar dari kerikil.
  •  

Berikut skema gambar alat untuk menjernihkan air yang tampak keruh dan kotor.


Cara merakit alat penjernih air sederhana tersebut adalah:

 

Siapkan tiga wadah penampung air (wadah ke-2 bentuk tabung). Letakkan batu kerikil (yang sudah dibersihkan) di dalam wadah pertama yang sudah diberi lubang di tengah-tengahnya.
Masukkan batu yang telah kita persiapkan ke dalam wadah ke-2,dan kemudian tambahkan batu kerikil, arang tempurung kelapa, pasir halus, ijuk, pasir halus, dan tambah ijuk lagi, susun saling bertumpukan. Sebelumnya, tempat tersebut sudah dilubangi di bawahnya. (Ketebalan masing-masing lapisan disesuaikan dengan besarnya wadah penyaring)
Tempat urutan ketiga atau terahkir siapkan tempat yang akan kita digunakan untuk menampung air hasil saringan dan tentu saja air hasil penjernihan ini sudah tampak bersih dari kotoran dan sudah tampak jernih.
Untuk kegunaan penjernih air ini kita bisa menggunakan untuk menjernihkan air dari dari kolam maupun dari air bekas banjir.dan tentu saja setelah air tersebut menjadi bersih dan jernih jangan lupa untuk memasak air sampai mendidih.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama