cara merawat aki mobil yang tepat

Merawat aki yang ada pada mobil atau biasa kita sebut acumulator memang suatu kegiatan yang mudah untuk dilakukan, tanpa adanya aki mobil maupun sepeda motor kita tidak akan bisa hidup karena untuk menghidupkan mobil aki diperlukan untuk menyuplai dinamo starter, mobil tanpa menggunakan aki bisa di pastikan tidak akan bisa hidup dengan sempurna.

Menghidupkan mobil tanpa menggunakan aki adalah suatu kegiatan yang konyol sekali tentu saja untuk menghidupkan mesin mobil tersebut kita bisa menghidupkanya dengan cara mendorong mobil tetapi sama saja mustahil karena untuk memompa bensin ke mesin tetap saja akan membutuhkan tegangan dari aki itu sendiri.
merawat aki mobil

Maka dari itu sebagai pengguna kendaraan bermotor khususnya mobil setidaknya kita harus tahu cara melakukan perawatan pada aki mobil kita, berikut kiat yang bisa kita lakukan untuk merawat aki mobil.

1.Bila kita mempunyai aki dengan kondisi yang sudah rusak biasa kita sebut soak belilah aki dengan menyesuaikan jumlah ukuran ampere ( AH) dengan standarnya.

2. Sesuaikan kondisi fisik,sesuaikan tinggi aki dengan standarnya.

3.Kalau membuka aki, dahulukan kutub (-) lalu (+). Sebaliknya, saat memasang, dahulukan kutub (+) baru (-).

4. Lakukan perawatan aki dengan cara melakukan pengecekan air aki (accu zur) tersebut agar selalu berada di antara upper dan lower level. Jika berada di bawah upper bisa menyebabkan cepat soak dan sel menjadi rusak bila sampai kering sekali maka dari itu periksa kondisi air aki setiap 2 bulan sekali.

melakukan pengecekan air aki (accu zur)

Kita bisa melakukan perawatan sederhana dengan cara mengencangkan baut konektor yang ada pada kepala aki pada bagian plus dan minusnya biasanya kepala jepitan aki sering terdapat gumpalan warna putih dan kotoran itu sendiri harus kita bersihkan.

Untuk fungsi aki pada mobil berfungsi untuk menyuplai tegangan ke dinamo starter dan juga alarm maupun sebagai penyuplai perangkat audio.

1 Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

  1. Wah makasi infonya gan, Aki emank perlu dirawat biar tetep mantap di pakenya,,,
    Kalo sempet berkunjung di blog ane ya gan, makasi

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama