Resep Cara membuat kerupuk upil pasir

Cara Membuat kerupuk pasir-Jenis makanan ringan kerupuk memang sangat di minati bagi kalangan menengah kebawah selain jenis rasanya yang khas kerupuk pasir atau biasa kita sebut dengan kerupuk upil mempunyai harga yang relatif murah untuk jenis kerupuk upil kerupuk pasir untuk bahan mentahnya saja di jual murah berkisar 15 ribuan perkilo gramnya, jadi memang makanan kerupuk ini sangatlah ekonomis dan juga bergizi karena untuk saat ini banyak rasa kerupuk yang cara membuatnya di tambahi dengan bahan ikan maupun daging.

Jadi dari segi rasa makanan jenis kerupuk upil ini sangatlah berfariasi mulai dari rasa udang dan juga rasa ikan tengiri adapula aneka rasa kerupuk pasir pedas sedang dan exstra pedas langkah Pertama untuk membuat kerupuk upil (kerupuk pasir) yaitu:

Membuat kerupuk pasir

Siapkan alat dan bahannya Bahan untuk pembuatan kerupuk ini diantaranya :

Tepung tapioka, Garam,dan Bawang. Untuk alat pembuatan cukup sediakan pisau, timbangan, tampah. Setelah semua alat dan bahan terkumpul maka siaplah kita untuk membuat kerupuknya. Cara membuat kerupuk goreng pasir ini diawali dengan menyiapkan tepung tapioka,  garam sebanyak 4,5 kg, serta bawang sebanyak 1 kg yang telah dihaluskan. Kemudian, campurlah semua bahan - bahan tersebut. Aduk hingga tercampur semua atau sampai merata. Letakkan pada sebuah cetakan dengan ukuran 150cm x 250cm. Sebagian tepung yang telah tercampur bumbu kemudian ‘dicor’ dengan air mendidih.
   
  • Pengecoran ini dilakukan dengan ketinggian air yang dikocorkan berada pada ketinggian 1 meter di atas tepung. Air mendidih yang diperlukan sebanyak 3 ember. Yang terjadi kemudian adalah tepung yang telah dicor akan berubah menjadi gumpalan semacam kanji yang mengental. Nah, kanji yang mengental inilah yang menjadi bahan pembuat krupuk. Jadi, caranya untuk membuat krupuk goreng pasir adalah dengan mencapur kanji yang telah dibuat dengan sisa tepung yang tidak dicor. Buat gelondongan dari bahan gumpalan kanji dan tepung. Aduk - aduk hingga mengeras. Setelah gelondong dirasa cukup keras, maka gelondongan tersebut bisa diiris tipis. Besar kecilnya ukuran krupuk tergantung selera.

  • Setelah diiris krupuk yang belum jadi tersebut ditata di atas tampah dengan jumlah secukupnya antara 15 - 20 irisan. Tutup irisan kerupuk tersebut hingga matang. Tapi perlu diingat jangan terlalu lama dalam menutup kerupuknya. Karena bila terlalu matang maka akan berakibat kerupuk akan memiliki kualitas yang jelek. Setelah proses pematangan yang dirasa cukup, irisan kerupuk kemudian dipindahkan dari tampah ke wadah yang lain. Pindahkan dengan hati - hati. Setelah itu jemur irisan kerupuk  hingga kering. Setelah kering maka kita tinggal menggorengnya. Nah dalam menggoreng kerupuk ini cukup unik. Yaitu menggunakan pasir sungai yang telah dibersihkan.

Untuk cara menggoreng kerupuk pasir adalah hanya dengan menggunakan pasir saja tentu saja pasir yang kita gunakan adalah pasir yang benar benar bersih panaskan pasir tersebut dalam keadaan panas. Memang terkesan aneh, tapi menggoreng menggunakan pasir ini sangat terbukti dapat membuat kerupuk ini memiliki cita rasa yang unik. Selain renyah tentu kerupuk pasir ini tidak mengandung lemak – lemak jahat layaknya kita menggoreng menggunakan minyak goreng. Meskipun tidak menggunakan minyak, kerupuk ini dapat mengembang setelah digoreng. Rasa yang dihasilkan sangatlah unik, antara asin, gurih dan renyah menjadi satu.   Karena hal inilah kenapa kerupuk ini disebut Kerupuk upil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

 
Copyright © 2015. Sindo Glamor.