fungsi dan cara kerja CPU Komputer

Fungsi CPU dalam komputer termasuk hal penting seiring perkembangan teknologi dan informasi. Komputer yang terus mengalami perkembangan dari sisi bentuk maupun bagian-bagian di dalamnya, akan menjadikan kita untuk terus belajar. Belajar mengenai bagian-bagiannya maupun fungsi masing-masing bagiannya.
Hampir di segala bidang kehidupan memanfaatkan komputer dalam kegiatannya. Mulai dari sekolah, perusahaan, supermarket dan sebagainya. Komputer mendapat posisi paling tinggi di antara alat elektronik lainnya. Alasannya yaitu prinsip utama laptop, notebook dan lainnya sama seperti komputer.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa seseorang yang telah mengenal CPU akan cepat terbiasa dengan alat elektronik hasil pengembangan dari komputer. Komputer terdiri dari perangkat lunak dan keras. Perangkat keras komputer berarti semua bagian fisik komputer, sedangkan perangkat lunak merupakan bagian penyedia instruksi bagi perangkat keras dalam menjalankan fungsinya.
Perangkat keras pada komputer meliputi beberapa bagian, salah satunya CPU. CPU sebagai bagian paling penting dalam sistem komputer, harus mendapatkan perhatian khusus oleh pembuat (pabriknya) dan pemiliknya. Sebutan lain untuk CPU yaitu unit pengolah pusat (UPP) pada komputer.
Adapun fungsi CPU menjadi salah satu hal yang menarik untuk dipelajari terutama bagi Anda yang menyukai dunia komputer maupun sejenisnya.Fungsi CPU: Sejarah Tentang CPU (Central Processing Unit)
Sebelum mengetahui fungsi CPU, sebaiknya kita mengetahui sejarahnya terlebih dulu. Sejarah tentang CPU diawali dengan adanya pusat unit komputer generasi pertama.
Pusat unit pemroses komputer tersebut muncul pada tahun 1940-an. Pada awalnya prosesor masih berupa tabung kedap udara. Tabung tersebut mirip botol. Botol ini mirip dengan yang biasa ditemukan di televisi model kuno. Adapun CPU (Central Processing Unit) membutuhkan banyak botol untuk setiap CPU.
Selanjutnya, setiap CPU memiliki daya tahan hanya beberapa saat saja.
Komputer pertama menggunakan tipe model botol tersebut. ENIAC meliputi delapan belas ribu tabung kedap udara. Tabung kedap suara itu membutuhkan ruangan dengan luas 18×8 meter persegi.
Sejarah adanya CPU terus berlanjut hingga proses perakitan hingga komputer generasi kedua. Pada tahun1948 muncul komputer generasi kedua. Komputer generasi kedua ini mengalami perkembangan dengan ditunjukkan adanya penggunaan transistor. Penggunaan transistor telah dipraktekkan pertama kali oleh Bell Telephone Laboratories. Kelebihan adanya penggunaan transistor yaitu kebutuhan listrik yang dibutuhkan lebih rendah serta tingkat panas dapat dikurangi.
Setelah itu muncul perkembangan komputer generasi selanjutnya yaitu komputer generasi ketiga. Komputer generasi ketiga merupakan bentuk pengembangan komputer generasi sebelumnya. Komputer generasi ketiga ini telah digunakan semikonduktor. Maksud dari penggunaan semikonduktor yaitu menggabungkan dalam sebuah chip transistorsilikon kecil.
Cara tersebut dapat mengakibatkan sebuah sirkuit elektronik yang berisi komponen di dalamnya. Komponen-komponen tersebut saling terkoneksi sehingga dapat disatukan dalam sebuah sirkuit tunggal. Hal inilah awal adanya mikroprosesor yang sering dikenal dengan istilah CPU.
Mempelajari Fungsi CPU (Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) termasuk sebuah perangkat keras pada komputer. Dalam bahasa sehari-hari Central Processing Unit (CPU) sering disebut dengan istilah processor. Dalam komputer terdapat banyak bagian penting di dalamnya. Meski CPU merupakan komponen paling penting dalam sebuah unit komputer, namun sebenarnya masih banyak perangkat penting lainnya juga.Perangkat lain tersebut dapat mendukung fungsi CPU, misalnya RAM, harddisk dan lainnya.
CPU (Central Processing Unit) merupakan bagian dari sistem komputer. CPU juga membutuhkan suatu pengontrolan. Pengontrolan CPU tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Adapun ulasan proses pengontrolannya adalah sebagai berikut.
  • Perangkat lunak komputer tersebut dijalankan oleh CPU dengan cara tertentu. Adapun cara menjalankannya yaitu dengan cara membacanya dari media penyimpan. Media penyimpan yang dimaksud misalnya cakram keras, cakram padat, maupun pita perekam.
  • Selanjutnya, instruksi tersebut kemudian disimpan pada memori fisik (RAM). Masing-masing dari instruksi yang disimpan akan diberi alamat unik. Maksudnya yaitu berupa alamat memori. Hal itulah yang menjadi alasan CPU dapat mengakses data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
Fungsi CPUyaitu mirip dengan fungsi dari kalkulator. Perbedaan antara CPU dan kalkulator adalah CPU memiliki daya pemerosesan yang lebih kuat daripada kalkulator biasa. Sedangkan fungsi dari CPU lain yaitu melakukan berbagai jenis operasi. Jenis operasi yang dimaksudkan antara lain operasi aritmatika maupun logika terhadap data dari memori. Selain itu, ada kemungkinan data dari informasi dapat dimasukkan melalui perangkat keras.

Fungsi CPU: Komponen CPU (Central Processing Unit)

Mesin akan mengalami kerusakan ataupun lambat karena diakibatkan oleh bagian dari mesin tersebut ada gangguan. Misalnya saja, pada komputer juga dimungkinkan terjadi kerusakan bagian-bagian pentingnya. Jika pada bagian CPU komputer tersebut terjadi kerusakan, hal yag kemungkinan terjadi yaitu komputer hang dan fungsi CPU otomatis tidak berjalan.
Selain itu, kerusakan tersebut dapat mengakibatkan komputer tidak dapat menampilkan display.Fungsi CPU tersebut dijalankan oleh bagian-bagian berbeda dari komputer. Adapun bagian-bagian prosesor atau sering juga dikenal dengan komponen CPU komputer diantaranya:
  • ALU (Arithmetic Logic Unit), bagian komputer ini dapat mendukung fungsi CPU dalam melakukan perhitungan terhadap data-data berupa bentuk bilangan. Selain itu, juga dapat membuat keputusan logis berdasarkan perhitungan tersebut.
  • Register, merupakan bagian dari komputer yang menjadi tempat atau lokasi memori khusus. Kegunaannya untuk menyimpan informasi sementara waktu.
  • Bagian komputer yang dapat melakukan pengaturan terhadap program komputer biasanya dikenal sebagai komponen uit pengatur program pada komputer.
  • Bus, bagian komputer yang memiliki fungsi untuk membawa informasi digital.
  • Memori Lokal, bagian komputer yang dapat dilakukan penyimpanan pada CPU.
  • Motherboard, bagian komputer ini memiliki bentuk seperti papan, terdiri dari beberapa komponen elektronik. Semua perangkat komputer yang penting dan sebagian besar perangkat lainnya diletakkan di bagian motherboard.
  • RAM (Random Access Memory), sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data, bersifat sementara dalam menyimpan data. Selain itu, data yang tersimpan dapat dihapus.

Fungsi CPU

Langkah Kerja KomputerCache memory merupakan bagian dari CPU atau prosesor yang lebih rumit dan canggih. Cache memory yang merupakan bagian dari CPU telah dirancang dengan fungsi tertentu. Fungsi cache memory yaitu untuk membuat akses data semakin cepat.
Akses data yang dimaksud yaitu akses data dari peralatan penyimpanan data luar maupun yang menuju penyimpanan data luar. Berikut ini langkah kerja komputer yang menunjukkan fungsi CPU dapat diuraikan sebagai berikut.
  • Data masuk ke komputer melalui perangkat masukan. Perangkat yang dimaksud antara lain keyboard, mouse dan lainnya.
  • Kemudian data yang telah masuk mengalir menuju ke memori komputer melalui CPU. Kemudian dari CPU dilanjutkan melalui kabel antarmuka (interface) dan kembali lagi ke CPU.
  • Langkah selanjutnya, data yang kembali lagi ke CPU dari RAM akan diterjemahkan oleh unit pengolahan. Proses penterjemahan ini disebut dekoder perintah. Kemudian setelah mengalami penterjemahan diteruskan ke bagian ALU.
  • ALU mengolah data sehingga dapat dikirim lagi ke memori ataupun disimpan pada register yang lain. Hal tersebut untuk penggunaan tertentu, misalnya untuk diakses melalui perangkat keluaran.
Mengetahui dan mempelajari fungsi CPU akan membantu kita mengenali bagian komputer dan perkembangannya.Meski bukan termasuk orang yang ahli dalam dunia informasi dan teknologi, mengenal lebih dekat komponen-komponen komputer dapat menambah keakraban kita dengan salah satu teknologi tercanggih abad di ini. Semoga artikel mengenaifungsi CPUini dapat memberi manfaat kepada kita semua.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama