Mengenal bagian bagian dalam komputer

Komputer seperti halnya barang-barang elektoronik lainnya juga mempunyai komponen-komponen penyusun. Komponen-komponen ini harus ada agar suatu komputer bisa berfungsi dengan baik. Dari segi penting dan tidaknya sebuah komponen, Bagian-bagian komputer bisa dibagi menjadi dua bagian, komponen utama dan komponen tambahan.
Komponen utama mutlak ada untuk dapat menghidupkan komputer. Jika salah satu dari komponen ini tidak ada, maka komputer tidak akan bisa menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Adapun komponen ini antara lain seperti motherboard, prosesor, RAM, VGA Card, hard disk, sound card, dan beberapa komponen lainnya.
Sedangkan komponen tambahan berfungsi untuk melengkapi fungsi komputer agar bisa digunakan dalam hal yang lebih luas. Komponen tambahan ini tidak harus ada dan komputer masih bisa berjalan jika salah satu komponen tambahan ini tidak ada. Komponen tambahan ini seperti printer, scanner, speaker, USB Card, dan lain-lain.
Bagian Komponen Utama Komputer
  • Motherboard. Motherboard adalah komponen paling utama dari sebuah komputer. Dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai papan induk karena bentuknya memang berupa papan. Di dalam motherboard inilah komponen-komponen komputer lainnya dipasang seperti memori, prosesor, hard disk, dan lainnya.
    Fungsi utama dari motherboard tentu saja untuk meletakkan komponen-komponen utama yang lain. Karena itu di dalam motherboard ini terdapat slot-slot yang digunakan untuk meletakkan komponen. Karena perkembangan hardware komputer yang semakin maju, maka bentuk dari motherboard tersebut berubah. Slot-slot yang ada juga berubah menyesuaikan bentuk dari komponen yang lain. Karena itu, suatu motherboard hanya bisa dipasang dengan komponen yang mempunyai bentuk sama dengan slot yang ada di motherboard.
    Selain berfungsi sebagai tempat meletakkan kompone utama komputer, motherboard juga berfungsi sebagai pembagi arus untuk masing-masing komponen. Karena itu, sebisa mungkin pilihlah motherboard yang bagus karena perannya sangat vital.
  • Prosesor. Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer, prosesor-lah yang bertugas mengerjakan perhitungan-perhitungan dan mengerjakan seluruh instruksi yang diberikan oleh penggunanya.
    Saat ini, processor sudah tersedia dalam bentuk 6 core, sangat berbeda dengan processor zaman dulu. Itu semua karena adanya pengembangan teknologi dari processor itu sendiri. Dan bisa dipastikan teknologi dari processor ini tentu akan semakin bertambah di masa depan nantinya.
    Yang tidak bisa dilepaskan dari processor adalah heatsink fan. Kipas ini berfungsi untuk mengipasi komputer agar selalu dalam keadaan dingin. Processor adalah komponen komputer yang paling cepat panas karena fungsinya yang melakukan berbagai pekerjaan. Karena itu, tanpa adanya heatsink fan, processor akan cepat panas dan bisa didapati processor mati karena kepanasan.
  • RAM. Random Access Memory bertugas untuk menyimpan semua data sementara dari program yang sedang dijalankan.
    Bentuk dari RAM ini berupa kartu yang diletakkan di slot RAM yang ada di motherboard. Saat ini, teknologi RAM sudah sampai pada DDR3 di mana bisa melakukan proses lebih cepat daripada teknologi RAM DDR2.
  • Video Card. Vidio Card berfungsi untuk menyambungkan dan menterjemahkan hasil olahan komputer ke dalam monitor.
    Tentu saja komponen ini sangat vital untuk komputer. Bisa dibayangkan jika tidak ada komponen ini, tentulah kita tidak tahu apa yang sedang dikerjakan oleh komputer. VGA card ini sendiri bisa dibagi menjadi dua yaitu yang sudah terintegrasi ke dalam motherboard dan VGA tambahan. Untuk hasil yang lebih bagus, VGA tambahan bisa dijadikan pilihan.
    Kemampuan VGA ini berbeda-beda untuk masing-masing jenisnya. VGA Card ini berguna untuk bisa memainkan game-game dengan resolusi yang tinggi. Tentu saja VGA Card untuk game ini lebih mahal daripada VGA card biasa.
  • Sound Card. Agar komputer bisa menghasilkan bunyi dan bisa dipergunakan untuk mendengarkan musik, maka komponen ini sangat dibutuhkan.
    Sama halnya dengan VGA, Souncard juga ada yang sudah terintegrasi dengan motherboard dan ada juga yang merupakan soundcard kartu yang bisa ditambahkan ke dalam motherboard.
    Tentu saja, soundcard tambahan biasanya memiliki kualitas suara yang jauh lebih bagus daripada soundcard internal.
  • Hard Disk. Merupakan tempat menyimpan data, baik tulisan audio, video, dan lain-lain. Jika ingin menyimpan banyak data dalam komputer maka carilah hard disk berkapasitas besar.
    Saat ini, teknologi harddisk sudah ada pada Solid State Disk di mana hard disk tidak lagi memakai sistem optik yang selama ini dipakai. Kelebihan dari hardisk ini adalah kemampuan untuk membaca dan menulis file lebih cepat dari pada hard disk biasa. Dan tentu saja lebih tahan terhadap goncangan. Karena itu, haridisk ini sangat cocok digunakan untuk laptop.
  • Optical Disc Drive. Komponen pemutar CD. Disc drive berfungsi untuk memutar berbagai CD termasuk CD penginstalan OS.
  • Monitor. Bertugas untuk menampikan gambar dan video. Saat ini tersedia pilihan monitor tabung dan monitor layar datar.
    Bisa dibayangkan jika tidak ada monitor, kita tidak akan tahu apa yang sedang dikerjakan oleh komputer.
  • Keyboard dan Mouse. Keyboard berfungsi untuk mengetik pada komputer, sedangkan mouse untuk mengarahkan cursor dan untuk mengklik aplikasi program.
    Komponen ini berfungsi sebagai media untuk menyampaikan perintah dari pengguna kepada komputer.
  • Power Supply. Pemasok aliran listrik ke dalam komputer. Jika tidak memiliki power supply otomatis komputer tidak akan bisa hidup.
    Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan power supply ini adalah sesuaikan kebutuhan komputer dengan power supply yang ada. Jangan sampai power supply memberikan daya yang lebih kecil dari daya yang diperlukan komputer karena bisa dipastikan ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen komputer itu sendiri.
  • Casing. Fungsi dari casing adalah sebagai tempat meletakkan dan melindungi berbagai komponen seperti motherboard, hard disc, power supply dan optical disc drive. Pilihlah casing yang cukup besar untuk menampung semua komponen komputer dan tentu saja agar sirkulasi udara di dalam komputer tetap terjaga.

Komponen Bagian Pendukung Komputer

  • LAN Card. LAN Card atau kartu jaringan berfungsi sebagai penghubung suatu komputer dengan komputer lainnya.
  • Modem. Sebuah alat komunikasi dua arah yang berfungsi mengirim dan menerima sinyal. Modem biasa dimanfaatkan untuk jaringan internet.
  • USB. Universal Serial Bus adalah perangkat penghubung. Flash Disk, kamera digital, dan ponsel, jika ingin dikoneksikan dengan komputer harus menggunakan komponen ini.
  • Printer dan scanner. Printer bertugas untuk mencetak hasil dari olahan komputer, sedangkan scaner bertugas untuk memindai foto, gambar dan dokumen lainnya. Hasil dari pindaian itu akan dipindahkan ke dalam hard disk komputer.
  • Speaker. Benda inilah yng bertugas mengeluarkan bunyi, jika menginginkan kualitas suara yang baik maka harus ditunjangan dengan kualitas speaker yang baik pula.
  • Bluetooth. Sebuah jaringan tanpa kabel yang dapat berfungsi memindahkan data. Bluetooth memiliki jarak koneksi yang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

 
Copyright © 2015. Sindo Glamor.