System starter pada sepeda motor Rusak

Langkah langkah yang harus kita lakukan untuk memperbaiki system starter pada sepeda motor yang tidak berfungsi atau rusak dan tentunya anda-anda tahu kalau sepeda motor jaman sekarang kebanyakan sudah menggunakan sistem starter,bahkan ada juga sepeda motor yang cuma mengandalkan starter tanpa dilengkapi kick starter.

Skema System starter

Bagaimana kalau starter tersebut tiba-tiba tidak berfungsi / mati ? tentunya repot bukan.Nah kali ini saya akan menjelaskan urutan cara mengecek sistem starter :

1.Pengecekan pada bagian Aki / Baterai

Aki / batray adalah sumber arus dari sistem starter,tanpa aki/batray jelas tidak mungkin bisa distart, aki memang di perlukan untuk menyuplai dinamo starter dan juga sebagai lampu penerangan maupun daya untuk menghidupkan klakson.

Cara pengecekannya : Ambil avo meter dan lihatlah apakah arus batray masih standar atau sudah lemah,cara manualnya tempelkan terminal plus dan min,ingat teman cara ini bisa merusak batray,tapi lakukanlah sebentar,supaya kita yakin aki/batray itu masih ada arusnya atau tidak kalau memang avo meter tidak ada.
Arus batrai yang digunakan untuk starter harus benar-benar kuat agar kita bisa mengecek komponen lainnya. 

2.Bendik atau otomatis starter

Cara mengetes bendik,tinggal tempelkan terminal bendik satu dengan yang lain.
Apabila memercikkan api terus mesin hidup = bendik rusak

-memercikkan api tapi mesin tidak hidup= bendik bagus
Lakukan pengecekan selanjutnya

3.Dinamo Starter


Lepaskan dinamo dari mesin,tempelkan terminal plus batray pada terminal dinamo,min batrai pada body dinamo starter.
  • Apabila dinamo berputar = bagus
  • Sedangkan dinamo tidak berputar = rusak

1 Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama