Cara memperbaiki speaker toa corong

Kemarin saya dimintai tolong tetengga sebelah rumah untuk memperbaiki speaker toa yang di pakai untuk pengeras suara Toa corong di masjid,dalam hati saya ya mudah-mudahan ini adalah amal baik saya,dan sayapun bergegas untuk menuju ke masjid tersebut setelah itu saya pun melihat kondisi power amplifier tersebut dan berasumsi wah pasti ini akibat dari putusnya fuse atau sekering yang ada pada toa amplifier tersebut.

dan ketika saya nyalakan kondisi dari aplifier toa tersebut tidak rusak dalam hati alhamdulliah kerusakan tidak terjadi pada amplifier tersebut bila kerusakan di sebabkan oleh amplifier pasti saya akan mengecek 2 buah dioda besar kaki 4 yang,karena biasanya apabila amplifier toa tersebut rusak bisa saya pastikan rata rata akan menghantam 2 buah dioda dalam arti bisa salah satunya yang rusak maupun dua duanya tapi dalam masalah saya ini kendalanya adalah yang rusak pada bagian speaker toa

langsung saya turunkan speker toa tersebut dan langsung saya buka dengan membongkar penutup nya dengan menggunakan obeng plus dan saya pun mendapati bahwa membran yang ada pada speaker toa tersebut putus dengan ditandai warna hitam yang ada pada gulungan email pada membran toa.
Memperbaiki Speaker Toa
Dan ahkirnya saya pastikan dengan mengecek dengan menggunakan multitester dengan hasil membran putus
Membran toa
Dan langkah selanjutnya saya lepas membran yang ada pada speaker toa corong tersebut dan kemudia saya mengganti membran speaker dengan yang baru dengan ukuran sama dan watt yang sama
Tempat Dudukan membran
Kemudian saya pasang kembali membran baru tersebut dan saya pasang lagi penutup speaker dan ahkirnya speaker toa bisa berbunyi lagi,sebenarnya langkah memperbaiki speaker toa amatlah mudah hanya mengganti membran yang putus,tetapi pada type speaker yang lain banyak yang menggunakan trafo matching jadi sebelum kita cek membran alangkah baiknya kita cek kondisi trafo matching tersebut.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama