Jenis alat untuk perbaikan tv televisi

Sebelum seorang teknisi melakukan perbaikan (mereparasi) televisi, pasti sang teknisi tentu membutuhkan jenis-jenis peralatan dan bahan-bahan / alat / tool yang dapat membantu dalam proses perbaikan tersebut, apa saja yang diperlukan seorang teknisi untuk perbaikan televisi?, disini akan ditunjukkan satu-persatu alat yang dibutuhkan untuk bisa mereparasi televisi maupun membangun jasa reparasi, apa fungsinya dan bagaimana cara menggunakannya.

Untuk Alat alat yang umum dalam penggunaannya tentu saja tidak ditunjukkan dengan mendetail bagaimana menggunakannya, seperti misalnya obeng atau tang yang tentu semuanya paham, pembahasan penggunaan lebih mendetail misalnya pada bagaimana cara menggunakan Multimeter untuk mengukur resistor atau transistor, atau bagaimana cara menggunakan osiloskop dll.

Memang tidak semuanya alat yang dibahas disini harus dimiliki oleh seorang teknisi untuk melakukan perbaikan, hanya saja jika ingin mudah dan cepat dalam pelacakan kerusakan dan proses perbaikan maka sebagian besar Alat alat tersebut harus dimiliki, karena bukankah Alat alat tersebut dibuat untuk memberikan kemudahan?.
Secara umum, bahwa seorang teknisi hanya membutuhkan - atau wajib memiliki alat - sekitar 5 Alat saja untuk dapat membantu dalam perbaikan peralatan elektronik dalam hal ini televisi, Alat alat tersebut adalah : Obeng Plus, Obeng Minus, Solder, Attraktor (Sedotan timah), Timah, Tang Potong dan Multimeter. Selain ketujuh Alat  tersebut bukan merupakan perkakas utama.

Secara lengkap perkakas yang dapat membantu dalam perbaikan televisi adalah :
Alat seorang teknisi Solder Gas
  • Solder /  Desolder adapun alat pendukung solder diantaranya Solder, Timah Solder, Attraktor, Solder Stand, Pasta Solder, Solder Wick bila dalam keadaan darurat seorang teknisi bisa mengerjakan perbaikan tanpa menggunakan solder listrik caranya mudah kok kita bisa memilih jenis jolder gas yang penggunaanya pun tanpa menggunakan listrik,hanya menggunakan bahan gas dan solder gas siap di gunakan untuk harga terbilang cukup murah untuk jenis jenis solder gas bisa di dapatkan seharga 90 ribu rupiah.
  • Obeng sebagai alat untuk membongkar dan pasang Obeng Plus (kembang), Obeng Minus, Obeng Trim, Obeng Mini
  • Tang dapat bervariasi mulai dari jenis Tang Potong, Tang Cucut, Tang genggam
  • Alat ukur Nah kalau alat ukur adalah hukumnya wajib untuk seorang teknisi diantaranya Multimeter, Avo meter, Osiloskop, Capasitansi meter, Frekwensi Counter
  • Hardware Eeprom Copier, Eeprom programer
Dan adapun alat bantu seorang teknisi lainya diantaranya Pinset, Kuas, Cairan pembersih, Kontak Cleaner, Alkohol, Thinner Hi Gloss, Spray, Bor, Cutter, Glue Gun, Degausing coil, Kaca Cermin, Kaca pembesar, Lampu Senter, Injektor Sinyal, Pelacak Sinyal, Pattern Generator, Rejuvinator, Sweep Generator, Generator Marker, IR detector dan yang terahkir adalah keahlian sang teknisi tersebut.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama