Langkah langkah yang harus kita lakukan untuk memperbaiki system starter pada sepeda motor yang tidak berfungsi atau rusak dan tentunya anda-anda tahu kalau sepeda motor jaman sekarang kebanyakan sudah menggunakan sistem starter,bahkan ada juga sepeda motor yang cuma mengandalkan starter tanpa dilengkapi kick starter.
Bagaimana kalau starter tersebut tiba-tiba tidak berfungsi / mati ? tentunya repot bukan.Nah kali ini saya akan menjelaskan urutan cara mengecek sistem starter :
1.Pengecekan pada bagian Aki / Baterai
Aki / batray adalah sumber arus dari sistem starter,tanpa aki/batray jelas tidak mungkin bisa distart, aki memang di perlukan untuk menyuplai dinamo starter dan juga sebagai lampu penerangan maupun daya untuk menghidupkan klakson.
Cara pengecekannya : Ambil avo meter dan lihatlah apakah arus batray masih standar atau sudah lemah,cara manualnya tempelkan terminal plus dan min,ingat teman cara ini bisa merusak batray,tapi lakukanlah sebentar,supaya kita yakin aki/batray itu masih ada arusnya atau tidak kalau memang avo meter tidak ada.
Arus batrai yang digunakan untuk starter harus benar-benar kuat agar kita bisa mengecek komponen lainnya.
2.Bendik atau otomatis starter
Cara mengetes bendik,tinggal tempelkan terminal bendik satu dengan yang lain.
Apabila memercikkan api terus mesin hidup = bendik rusak
-memercikkan api tapi mesin tidak hidup= bendik bagus
Lakukan pengecekan selanjutnya
3.Dinamo Starter
Lepaskan dinamo dari mesin,tempelkan terminal plus batray pada terminal dinamo,min batrai pada body dinamo starter.
- Apabila dinamo berputar = bagus
- Sedangkan dinamo tidak berputar = rusak
- Bongkar dinamo starter dan bersihkan kemudian cek kondisi kool/areng starter atau bisa juga dengan menbaca
Cara memperbaiki dinamo elektrik starter yang rusak
wah sangat membantu saya dendan mengikuti panduan di atas.
BalasHapus