Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar dan berdengung Terbaru

Cara memperbaiki kipas angin -Sudah banyak Tulisan2 di blog yang membahas tentang kerusakan Kipas angin, baik untuk kipas angin yang matot (mati total) ataupun yang cuma bergetar, dengan ditandainya kipasnya tidak mutar ada juga yang berdengung pada tulisan saya ini, saya akan bahas tentang kipas angin yang hanya bergetar (gak Muter) dan juga berdengung. karena kerusakan itu biasanya hal yang pertama dialami oleh kipas angin, sebelum kemudian jadi mati total. Kalau kebetulan kipas angin anda mengalami hal seperti itu,( bergetar tidak berputar) jangan bingung dulu, karena belum tentu Kipas angin anda itu Rusak maka dari itu kita sebelum kita membeli kita harus pandai memilih kipas angin yang berkualitas.

memperbaiki kipas angin tidak berputar


Penyebab kipas angin tidak berputar diantaranya:

1. As (poros) dynamo sudah tidak sejajar. Biasanya terjadi karena pengenduran dari salah satu baut yang mengikat Dynamo. akibat dari benturan atau pernah panas yang berlebihan. sehingga As posisinya miring atau poros kipas jadi lengket pada dinding teras gulungan. Untuk memperbaikinya, buka saja tutup Plastik bagian luar Dynamo, kemudian  periksa baut-baut mana yang kendur. dan kencangkan. lalu coba tes, dengan mencolokan jeknya ke Steker.Kalau masih belum mau berputar, kendurkan semua bautnya, kemudian kencangkan kembali secara tidak berurut, ( Baut yang letak nya berlawanan). Jika yang anda kencang kan baut yang sebelah kiri bawah, maka selanjutnya kencangkan yang kanan atas. secara pelahan dengan kekuatan yang sama, sambil anda putar2 As kipas dgn jari anda sampai terasa putarannya enteng.

 Kalau ada penulis yang menganjur kan, supaya As Kipas diberi Pelumas, itu suatu kesalahan. Karena dengan pemberian pelumas pada kipas angin hanya akan mem berikan manfaat yang sementara. karena
setelah kipas berfungsi ( bahkan mungkin putarannya lebih kencang ), tapi setelah beberapa bulan, dimana debu sudah mulai bercampur dengan pelumas maka akan ter jadi penyempitan ruang As, karena debu
dan Pelumas yang mengering, akibatnya - kipas harus dibongkar dan dibersihkan lagi.

2. Jika Tahap pertama sudah anda lakukan akan tetap kipas angin masih tidak mau berputar, maka tinggal satu langkah lagi yaitu, anda harus ganti Capasitor nya. atau bahkan anda tidak perlu melakukan langkah pertama, jika saat kipas angin dalam keadaan tidak nyolok ke listrik- dan anda coba putar 2 kipasnya dengan jari anda, dan anda rasakan putarannya enteng-enteng saja. yaa.. langsung ganti saja Capasitornya...beres.

Sebagai tambahan kerusakan pada kipas angin tidak hanya terjadi pada motor listriknya saja melainkan kita harus menelusuri jenis kerusakannya mulai dari sumber tegangan cek sumber tegangan yang masuk,periksa kabel kabel dan pastikan kabel tersebut tidak ada yang putus.
Lebih baru Lebih lama