Tutorial cara mudah belajar komputer

Tutorial Cara cepat dan mudah belajar komputer bisa dengan mudah diaplikasikan oleh semua orang yang menginginkan untuk mempelajarinya dengan cepat. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, seseorang harus mengetahui apa saja teori, dan istilah berkaitan dengan komputer. Ya. Untuk mempelajari operasional komputer, kita bisa memulai dengan mengenal sistem komputer.

Memahami Berbagai Istilah Seputar Komputer

Beberapa istilah komputer sangat perlu dipelajari, sebab dengan hal ini seseorang akan lebih cepat untuk mempelajarinya. Berikut ini merupakan beberapa istilah yang berkaitan dengan komputer.

1. Mengenal Komponen Komputer

Untuk langkah awal ada beberapa istilah dalam bagian komputer yang harus diketahui dengan baik. tidak terlalu mendetil, namun harus memahami bagaimana fungsi dan kegunaannya. Misalnya beberapa komponen dasar seperti berikut.

belajar komputer
  • Prosessor
    Biasanya juga disebut sebagai CPU atau Central Processing Unit. Bagian ini merupakan bagian utama komputer. Bentuknya mirip dan serupa dengan balok. Pada bagian dalamnya terdapat RAM  atau Random Acces Memory yang biasanya digunakan untuk menyimpan data. Seluruh mekanisme dan sistem komputer terhubung dalam komponen ini.
  • Harddisk
    Adalah alat untuk menyimpan data. Bentuknya persegi. Berbeda dengan CPU, harddisk tetap dapat menyimpan data walaupun komputer secara serentak dimatikan.
  • Mouse
    Merupakan alat kecil yang serupa dengan tikus. Bentuknya yang mirip dengan hewan pengerat ini adalah penggerak pointer yang ada dalam layar komputer. Ada dua tombol pada mouse ini, yaitu tombol utama, serta tombol sekunder. Dibutuhkan kebiasaan yang cukup untuk dapat menguasai gerakan mouse.
  • Keyboard
    Merupakan alat yang digunakan untuk mengetik. Keyboard dilengkapi dengan beberapa function keys, numeric keys, serta navigation keys. Selain itu, ada beberapa kombinasi tombol dalam keyboard yang bisa digunakan untuk memintas jalan.

2. Mengenal Dekstop  

Jangan sekali-kali meremehkan fungsi dari dekstop di layar monitor kita. pada dekstop kita akan menemukan berbagai macam shortcut, icon, dan lain-lain. Segera pelajari bagaimana cara untuk membuat shortcut, atau mengolah icon. Kita akan sangat terbantu saat dapat menguasai fungsi dari dekstop ini.

3. Mengenal Software

Pada tahap ini seseorang harus mengenali dengan baik, bagaimana cara termudah untuk menginstall program ataupun meng-uninstal program. Sebab, apabila kita tidak bisa meng-uninstal program, biasanya software akan bermasalah. Sehingga fungsi memasang dan mencopot ini sangatlah penting untuk diketahui.

4. Power Suplay

Jika komputer diibaratkan orang yang berjalan, maka ia tidak akan mampu menyusuri jalan raya tanpa adanya Power Suplay atau biasa disebut dengan PSU. PSU mempunyai kegunaan dan fungsi untuk mengatur jaringan listrik ke dalam seluruh komponen komputer.

Mengenal Cara Cepat Belajar Komputer

Mengoperasikan komputer sebenarnya sangatlah mudah. Apabila belum terbiasa, sebaiknya kita sudah membiasakan diri untuk mengoperasikannya secara optimal. Beberapa langkah berikut akan membantu kita dalam mengoperasikan komputer dengan cara yang cepat dan mudah.
  1. Belajar Mengetik Lebih Cepat
    Untuk pekerjaan office, komputer memang dibutuhkan untuk mengetik dokumen-dokumen penting, dan beragam hal lainnya. Sebab itulah, jika ingin mengoperasikannya dengan cepat, sebaiknya bekali diri untuk mengetik komputer dengan sepuluh jari. Cara ini akan memudahkan kita untuk mengetikkan kata hingga 200 kata setiap satu menit. Hal yang luar biasa untuk menghemat waktu bukan?
  2. Menggunakan Jalan Pintas
    Jalan pintas atau shortcut dari sebuah perintah, akan memudahkan pekerjaan kita. Kita tidak akan terpaku dengan cara lama. Sehingga, pekerjaan kita akan cepat selesai. Beberapa jalan pintas berikut ini mungkin bisa membantu untuk menghemat waktu.
    •    Control + Copy  =  Copy  (untuk mengkopi dokumen)
    •    Control+X          =  Cut  (untuk memotong dokumen)
    •    Control + S        =  Save  (untuk menyimpan dokumen)
  3. Membersihkan Drive
    Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan drive sistem kita. Drive system biasanya terpenuhi oleh banyaknya sampah, temporary internet files, virus, dan file-file yang seharusnya tidak terpakai. Semua ini akan membuat komputer menjadi lambat dan berat. sehingga akan menyulitkan kita untuk dapat bekerja dengan baik. Solusi yang dianjurkan adalah kita membersihkannya dengan CCleaner. Aplikasi ini akan dengan cepat me-remove semua sampah yang ada di dalam komputer dan membuatnya bisa berfungsi cepat seperti sedia kala.
  4. Me-remove Aplikasi yang Tidak Digunakan
    Biasanya seseorang yang hobi menginstall berbagai aplikasi di dalam internet akan mendapati banyaknya berbagai macam program aplikasi di dalam drive-nya. Nah, saat program ini menumpuk sedemikian rupa, kerja komputer menjadi sangatlah lambat. Sebab itu, aplikasi ini harus segera di-uninstall. Caranya adalah ketika panel start, kemudian klik control. Selanjutnya kita akan melihat banyaknya program yang bisa kita uninstall.

Motivasi untuk Cara Cepat Belajar Komputer

Selain itu, kita memerlukan motivasi yang positif untuk mempelajari komputer. Beberapa hal berikut ini bisa dijadikan motivasi untuk mengenal lebih jauh dunia komputer.
  1. Memahami Bahasa Inggris Walaupun Sedikit
    Ya. Untuk lebih mengetahui bagaimana menjalankan aplikasi komputer yang baik dan benar. Kemampuan memahami Bahasa Inggris sangatlah diperlukan. Setidaknya kita bisa menggunakan Bahasa Inggris secara pasif. Sebab, sedikit banyak panduan yang ada di dalam komputer menggunakan Bahasa Inggris.
  2. Mempunyai Kemauan
    Jika belum pernah sama sekali memegang komputer, atau pemula, tidak perlu khawatir sebab ini adalah langkah untuk dapat memahami komputer dengan baik. sebab itu, kita harus lebih dahulu menyukai segala hal yang berhubungan dengan komputer. Sehingga saat kita berinteraksi dengannya, kita sudah memiliki ikatan yang cuku kuat.
  3. Berawal dari yang Sederhana
    Awalilah menggunakan komputer dari hal yang paling mudah. Misalnya, mengetik di program Word walaupun kita cuma bisa mengandalkan dua jari saja. Atau bisa juga menggunakan program paint untuk menggambar. Awali dari yang mudah, agar kita lebih bersemangat.
  4. Sering Berlatih
    Sering berlatih akan membuat kita terbiasa. Maka dari itu, diperlukan kemampuan yang cukup untuk kembali berlatih dan berlatih. Semakin banyak kita berlatih, maka semakin banyak pula kita bisa menggunakan komputer dengan baik.
  5. Tidak Perlu Bermain Game
    Game adalah hal menarik yang biasanya dilakukan banyak orang. Bahkan ada pula yang sampai kecanduan game. Bisa jadi karena memainkan game seperti sebuah candu. Sehingga apabila tidak bermain game, satu hari saja, maka kepala akan menjadi pusing dan stres. Namun, jangan ikut untuk memainkan game apabila kita ingin mempelajari cara cepat belajar komputer. Belajarlah dengan cara-cara kovensional, dan teratur. Niscaya, lama-lama kita akan menguasai komputer dengan cara yang baik.
  6. Mencari Panduan
    Jika kita tidak tergabung di dalam sebuah kursus, maka mencari panduan dan tutorial untuk lebih cepat belajar komputer adalah cara yang paling jitu. Saat ini kita bisa mendapatkan berbagai macam panduan di internet secara gratis. Bisa pula kita menggunakan yang berbayar, asalkan kita tahu kualitas dari pemberi kursus. Semakin banyak hal-hal yang kita pelajari maka makin sedikit langkah lagi kita sudah bisa menguasai komputer dengan baik.

Terima Kasih Telah Berkunjung Di SindoGlamor blog ini berisi tentang informasi terkini dan menyediakan kumpulan resep masakan indonesia,kesehatan dapatkan juga kumpulan biodata artis,tips cara memasak dan informasi seputar batu akik.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama